Sabtu, 16 Januari 2016

008


dengan perasaan hormat, dia mengundang You Tuo-yi masuk ke rumahnya menerima persembahan dana makanan. Usai menerima persembahan, You Tuo-yi menceramahkan Buddha Dharma kepada dermawan sehingga dermawan ini beserta istrinya mencapai tingkat kesucian pertama yakni Sotapanna.

Setelah dermawan ini mencapai kesucian, membangkitkan ketulusan ber-Trisarana pada Triratna yakni Buddha, Dharma dan Sangha, serta mengamalkan Lima Sila, juga memohon Yang Ariya untuk menerima empat jenis persembahan untuk keperluan hidup sehari-hari anggota Sangha yakni makanan dan minuman, jubah, tempat berbaring, obat-obatan.

You Tuo-yi berkata : “Jalinan jodohKu dalam menyelamatkan para makhluk belumlah usai, tidak dapat menerima persembahan dari kalian untuk jangka panjang”. Yang Ariya kemudian beranjak menuju tempat lainnya.

Menjelma jadi pedagang permata

Suatu hari You Tuo-yi sedang memasuki samadhi mengamati jodoh makhluk yang telah masak sehingga bisa diselamatkan. Dalam samadhiNya, Beliau melihat seorang Brahmana yang juga pemuja Brahma, tidak percaya pada Triratna yakni Buddha, Dharma dan Sangha.