Minggu, 07 Februari 2016

186


mengeluarkan suara tangisan yang memilukan, ini membuatku merasa terguncang, dan membenci terlahir sebagai wanita. Hal lainnya adalah para tabib tersohor juga tidak sanggup menyembuhkan sakit kepala paduka, dan sekarang Bhagava hanya mengusap kepalanya, sembuh dalam waktu seketika dan tidak merasa sakit lagi, bagaimana jalinan jodoh dari hal ini? Mohon Bhagava bermaitri karuna membabarkan kepada kami”.

Pada saat itu, Bhagava dari mulutNya memancarkan cahaya cemerlang beraneka warna, menerangi alam yang tak terhingga dan tanpa batas, cahaya ini kemudian masuk kembali ke dalam mulut Bhagava. Ananda yang melihat cahaya Buddha menerangi dunia, lalu bangkit dan bernamaskara, berkata : “Bhagava! Hari ini ada jalinan jodoh apa sehingga memancarkan cahaya menerangi alam para Buddha? Semoga Bhagava menjelaskannya kepada kami”.

Buddha Sakyamuni memberitahu Ananda : “Pada masa kehidupan yang lampau, di kota ini terdapat seorang raja yang bernama Chi Guang, ratunya bernama Wu You, istri kedua dari raja bernama Anu-bomo.

Pada saat itu, ada pasukan prajurit dari sebuah kerajaan kecil yang datang menyerang, Raja Chi Guang memimpin langsung pasukan prajurit untuk mempertahankan kerajaannya. Di tengah perjalanan, raja beristirahat sejenak, istri keduanya yang sedang