Sabtu, 23 Januari 2016

054


mengusulkan menyembelih sapi adalah raja pencuri pada masa kelahiran sekarang; istri pejabat sekarang adalah menantu perempuan Brahmana yang menjalin hubungan gelap dengan raja pencuri; 500 orang pengikut pejabat, sekarang adalah 500 orang pengikut raja pencuri. Waktu itu dua ekor sapi yang disembelih, sekarang adalah Raja Prasenajit dan Ratu Mallika, oleh karena pada masa kehidupan lampau itu, mereka dibunuh si pejabat, pada kelahiran kali ini berjumpa lagi, tentu saja terjadi balas dendam.

Maka itu kalian harus mengetahui bahwa Hukum Sebab Akibat sedikitpun takkan meleset, setiap perbuatan yang dilakukan oleh masing-masing makhluk, akibat perbuatan dari benih karma yang ditaburnya, selamanya takkan hilang meskipun melewati waktu berkalpa-kalpa, ketika benih sebab dan faktor pendukung bertemu, maka diri sendiri yang harus menerima akibatnya. Segala sesuatu adalah diperbuat diri sendiri dan akibatnya diterima diri sendiri pula, takkan ada orang lain maupun benda yang dapat mewakilinya menjalani hukuman, maka itu janganlah melakukan karma buruk.

Buddha Sakyamuni melanjutkan membabarkan pada para siswaNya : Dengarlah dengan seksama! Karma buruk apa yang diperbuat oleh Bhikkhu You Tuo-yi pada masa kehidupan lampaunya, sehingga pada kelahiran sekarang dibunuh orang, juga jasadnya dibuang ke tumpukan kotoran? Penyebabnya adalah :