Senin, 08 Februari 2016

199


suara genta dan tambur, di dalam hatinya penuh sukacita sehingga berkata : “Raja Cakravartin telah muncul di dunia, semua makhluk pasti bisa memperoleh manfaat, membedakan baik dan jahat, sejak sekarang para makhluk takkan disesatkan lagi oleh Sramana”.  

Maka itu dia keluar dari sarang kayu, melihat Raja Cakravartin duduk di atas tahta pusaka, dia segera bersujud pada raja.

Raja Cakravartin mengutus pejabat pengurus pusaka untuk menyampaikan pada pelayan tua : “Saudari! Pada masa kehidupan lampau anda menanam berkah besar, oleh karena memiliki rupa kerajaan, kini beta akan mengangkatmu jadi pusaka gadis giok”.

Pelayan tua memberitahu pejabat pengurus pusaka : “Derajatku rendahan, menyerupai tanah, Raja Cakravartin begitu memperhatikan diriku, sehingga daku begitu terkesima. Lantas, berkah kebajikan apa yang kumiliki sehingga berkesempatan menjadi pusaka gadis giok? Andaikata Raja Cakravartin mengasihi diriku, mohon paduka menurunkan titah agar majikanku membebaskan diriku”.

Raja Cakravartin memberitahu Anathapindika : “Pengurus rumahmu memiliki rupa agung, beta menghendaki dia menjadi pusaka gadis giok”.