Rabu, 03 Februari 2016

171


bagaimana tidak mungkin saling iri hati dan menfitnah?”

Yang Ariya memberi ceramah Dharma kepada raja. Raja Wei Lou memohon pada Yang Ariya untuk menurunkan padanya Lima Sila, timbul sukacita di hatinya dan mencapai tingkat kesucian pertama yakni Sotapanna.

Buddha Sakyamuni membabarkan sampai di sini, keempat abang adik setelah mendengar pembabaran Buddha Dharma, kebijaksanaan mereka jadi berkembang, lalu meninggalkan keduniawian dan menjadi anggota Sangha, tidak lama kemudian mencapai Arahat.

Pada saat itu, Yang Ariya Ananda bertanya pada Buddha Sakyamuni : “Bhagava! Empat bersaudara ini pada masa kehidupan lampau telah menanam benih berkah apa, sehingga setelah meninggalkan keduniawian, tidak lama kemudian berhasil mencapai Arahat?”

Buddha Sakyamuni membabarkan pada Ananda : “Pada masa kehidupan lampau yakni ketika Buddha Mo Wen sedang membabarkan Dharma di dunia, Sariputra menjadi Bhikkhu, empat bersaudara ini adalah saudagar, mempersembahkan sehelai jubah untuk Bhikkhu Sariputra, Sariputra melimpahkan jasa buat mereka, semoga pada kelahiran yang akan datang segera memperoleh penyelamatan.