Rabu, 27 Januari 2016

109


Dengan kemampuan gaib menaklukkan naga beracun

Putra Hartawan Fu Tu yang bernama Shan Lai (kebajikan datang) oleh karena harta keluarganya ludes sehingga dipanggil orang banyak sebagai E Lai (kejahatan datang), bahkan tidak disukai orang. Maka itu, dia begitu berterimakasih atas maitri karuna Buddha Sakyamuni yang memanggil nama aslinya, juga menyisakan makanan buat dirinya.

Setelah Shan Lai selesai menyantap makanannya, Buddha Sakyamuni bertanya padanya : “Apa yang ada di dalam kantong bajumu?”

Shan Lai merogoh kantongnya dan melihat, ternyata adalah uang emas. Dia menjawab pertanyaan Buddha : “Bhagava! Uang emas ini adalah pemberian sahabat ayahku ketika melihat saya miskin dan merana, tetapi oleh karena berkahku tipis, sampai lupa menggunakan uang emas ini”.

Buddha Sakyamuni memberitahu Shan Lai : “Kamu boleh menggunakan uang ini untuk memberi Bunga Teratai warna cyan kemari”.

Setelah Shan Lai beranjak pergi, Buddha Sakyamuni dan para siswaNya kembali ke Taman Jetavana. Shan Lai menuruti ajaran Buddha Sakyamuni, pergi menuju kedai jual bunga milik Nenek Lan, masuk ke dalam kebun bunga lalu membeli bunga.