Senin, 01 Februari 2016

149


Selama kurun waktu Buddha Sakyamuni memasuki samadhi, para Bhikkhu mewawancarai Shan-you dan Dadi, kedua Bhikkhu ini akhirnya mengakui dan menceritakan alasan mengapa mereka menfitnah Bhikkhu Shi Li-zi.

Sore harinya, Buddha Sakyamuni keluar dari samadhiNya, para Bhikkhu menceritakan tentang wawancara mereka pada Shan-you dan Dadi.

Buddha Sakyamuni membabarkan pada para Bhikkhu : “Mengapa Shan-you dan Dadi, dua orang ini hanya gara-gara persoalan sepele yakni hidangan makanan, lalu berbohong dan menfitnah Bhikkhu yang suci?”
  
Buddha Sakyamuni melanjutkan membabarkan pada para Bhikkhu : “Ketahuilah ada tiga jenis orang yang pasti jatuh ke Neraka :
1. Andaikata ada orang yang melanggar sila, menganjurkan orang lain juga melanggar sila, orang ini pasti jatuh ke Neraka.
2. Bila ada orang yang melakukan perbuatan asusila, tetapi menfitnah Bhikkhu yang suci, orang ini pasti jatuh ke Neraka. 
3. Andaikata ada orang yang berpandangan sedemikian, mengucapkan hal yang sedemikian, mengatakan nafsu indria adalah suci, mengatakan nafsu indria adalah menakjubkan, nafsu indria berguna, nafsu indria tidak ada salahnya, dari nafsu indria melakukan hubungan intim, maka orang ini pasti jatuh ke Neraka.