Senin, 08 Februari 2016

201


Ketika pelayan tua menengadahkan kepalanya melihat Rahula dan para Bhikkhu lainnya, jadi tercerahkan dan berkata : “Buddha Dharma tidak pernah mengabaikan para makhluk, seperti diriku yang begitu sesat dan jahat namun masih juga datang menyelamatkanku”.

Dia segera memohon Visudhi Trisarana dan Lima Sila. Pada saat itu Rahula memberi ceramah Dharma kepada pengurus rumah, pelayan tua itu menundukkan kepala menerima Buddha Dharma, belum sempat mengangkat kepalanya, sudah mencapai tingkat kesucian pertama yakni Sotapanna.

Rahula membawa pelayan tua ke Taman Jetavana, dia melihat tubuh Buddha Sakyamuni yang keemasan, dengan bersukacita beranjali lalu bernamaskara pada Buddha, bertobat atas dosanya terdahulu, memohon pada Buddha Sakyamuni agar memperbolehkannya menjadi anggota Sangha.  

Buddha Sakyamuni menyuruh Rahula mengantar pelayan tua ke vihara tempat kediaman Bhikkhuni Mahapajapati Gotami untuk ditabhiskan. Di tengah perjalanan, Rahula memberi ceramah pada pelayan tua tentang Dukkha (penderitaan), Sunyata (kekosongan), Anicca (ketidakkekalan) dan