Jumat, 29 Januari 2016

118



Lima Sila padanya”.

Buddha Sakyamuni memberitahu para Bhikkhu : “Diantara siswa-siswaKu, yang dapat menaklukkan naga beracun, adalah Bhikkhu Shan Lai sebagai yang terunggul”.

Sementara itu penduduk di sekitar Gunung Sumsumara, melihat naga beracun telah ditaklukkan, masyarakat juga takkan lagi diganggu olehnya, merasa amat gembira, membawa bunga harum dan perlengkapan persembahan, datang ke hadapan Buddha Sakyamuni, melakukan namaskara, berkata : “Bhagava! Berkat kekuatan suciMu, sehingga naga beracun takkan mencelakai kami lagi, mohon Buddha bermaitri karuna, menerima persembahan dari kami!”

Buddha Sakyamuni memberitahu Brahmana dan Upasaka Upasika lainnya : “Kalian seharusnya mengetahui : “Naga beracun itu adalah ditaklukkan oleh putra sesepuh Fu Tu, yakni Bhikkhu Shan Lai sehingga naga tersebut memutuskan kejahatan dan memupuk kebajikan, bahkan menurunkan padanya Visudhi Trisarana dan Lima Sila, jadi bukanlah Saya Tathagata yang menaklukkannya. Kalian seharusnya membawa benda-benda persembahan ini untuk dipersembahkan kepada Bhikkhu Shan Lai, untuk membalas budi kebajikannya!”