Sabtu, 23 Januari 2016

051


Raja Prasenajit segera menurunkan titah penangkapan dan tidak lama kemudian raja pencuri berhasil diringkus. Raja memerintahkan agar raja pencuri dimasukkan ke dalam kuali yang berisi minyak mendidih, menyiksanya sampai mati.

Pengikut raja pencuri yang berjumlah sekitar 500 orang, dipotong tangannya. Sedangkan menantu perempuan Brahmana, rambutnya diikat pada kaki kuda, sehingga diinjak-injak kuda hingga mati.


Para Bhikkhu yang melihat akibat yang diterima orang-orang ini amat mengerikan sehingga mengajukan pertanyaan pada Buddha Sakyamuni : “Bhagava, raja pencuri itu pernah melakukan karma apa, sehingga pada kelahiran sekarang dia membunuh Bhikkhu You Tuo-yi, lalu menjalani siksaan hingga mati. Lalu menantu perempuan Brahmana yang menjalin hubungan gelap dengan raja pencuri, juga para pengikut raja pencuri yang berjumlah 500 orang, mengapa bisa menjalani hukuman secara bersamaan?”

Buddha Sakyamuni membabarkan pada para siswaNya : “Ini dikarenakan akibat karma buruk yang dilakukan diri sendiri pada masa kelahiran lampau mereka, mereka harus menerima akibat perbuatan sendiri, tidak ada yang bisa mewakilinya……………”

Bhagava melanjutkan lagi berkata : Dengarlah dengan seksama sebuah jalinan jodoh berikut ini :