Sabtu, 23 Januari 2016

049



menyimpan reliknya”.

Malam harinya, Buddha Sakyamuni dan para siswaNya tiba di gerbang kota, Bhagava memancarkan cahaya cemerlang sehingga menerangi seluruh pelosok kota, saat itu Raja Prasenajit dan Ratu Mallika juga amat terkejut. Pejabat istana melapor pada raja : “Buddha Sakyamuni dan para siswaNya sekarang sedang berada di gerbang kota”.

Raja Prasenajit memerintahkan Ratu Mallika bersama para pejabat, seluruh bangsawan dan dayang istana untuk ikut menuju ke gerbang kota melakukan penghormatan bernamaskara pada Bhagava.

Setelah melakukan namaskara pada Buddha, Raja Prasenajit berkata : “Bhagava, mengapa melakukan kunjungan pada malam hari?”

Buddha memberitahu raja : “Paduka! You Tuo-yi merupakan siswa yang terunggul dalam memberi pengajaran, kini dia telah dibunuh, bahkan jasadnya dibuang ke atas tumpukan kotoran, kini Saya sengaja datang untuk mengurus perabuan jasadnya dan membangun stupa bagi reliknya”.

Raja Prasenajit dan Ratu Mallika setelah mendengar ucapan Bhagava, mengikuti Buddha Sakyamuni dan para siswaNya menuju tumpukan kotoran tempat jasad You Tuo-yi dibuang.