Rabu, 27 Januari 2016

106


Kemudian Buddha membabarkan pada para Bhikkhu : “Kalian seharusnya mengakhiri tumimbal lahir yang merupakan lautan penderitaan tanpa batas”.

Lalu Buddha juga menunjuk ke arah E Lai sambil berkata pada para Bhikkhu : “Kalian amatilah insan yang lahir untuk yang terakhir kalinya, yang kelak takkan menjalani penderitaan di roda samsara lagi”.

Buddha Sakyamuni berpesan pada Ananda : “Nanti sisakan setengah mangkok nasi di patra buat Shan Lai ya”.

Setelah itu Buddha Sakyamuni dan para siswaNya memasuki rumah Anathapindika yang segera mempersilahkan Mereka duduk. Kemudian segera menghidangkan berbagai menu istimewa untuk dipersembahkan kepada Buddha dan Sangha, sehingga semuanya menjadi kenyang.

Pada saat itu Ananda yang oleh karena kekuatan karma buruk Shan Lai (E Lai), sehingga lupa menyisakan nasi buatnya. Bhagava mengetahui Ananda kelupaan menyisakan nasi buat Shan Lai, sehingga menyisakan separuh nasi buat Shan Lai di patraNya sendiri. Setelah upacara persembahan selesai, barulah Ananda ingat bahwa dirinya lupa menyisakan nasi buat Shan Lain, sehingga berkata dalam hati : “Kenapa hatiku bisa begitu kalut, sampai bisa mengabaikan pesan Bhagava?”