Senin, 08 Februari 2016

196


atas, arah atas juga ada Buddha; menunduk ke bawah, juga ada Buddha; lalu menggunakan kedua telapak tangannya untuk menutupi wajahnya, tetapi sepuluh jarinya semuanya berubah jadi Buddha.

Pelayan tua memejamkan sepasang matanya, mata hati terbuka, melihat di angkasa Buddha jelmaan memenuhi sepuluh penjuru alam.

Pada saat itu di Kota Sravasti, ada 25 gadis yang berasal dari Kasta Sudra, 50 gadis dari Kasta Brahmana, dan kasta lainnya, ditambah dengan dayang-dayang Ratu Mallika, seluruhnya berjumlah 500 orang, mereka pernah menfitnah dan tidak percaya pada Buddha Dharma, sekarang melihat Tathagata terbang ke angkasa, menampilkan kepada pelayan tua tubuh jelmaan yang tak terhitung, sehingga mereka membangkitkan sukacita, menghapus pandangan sesat mereka, dengan hormat bernamaskara pada Sang Buddha, menyebut Namo Buddhaya.  

Pelayan tua meskipun telah bertemu dengan Buddha, namun dia tetap berpandangan sesat tidak percaya pada Buddha Dharma. Kemudian, oleh karena dia telah bertemu dengan Sang Buddha, sehingga menghapus 8 juta koti kalpa penderitaan samsara.

Setelah bertemu dengan Buddha, dia bergegas lari pulang ke rumah, menyampaikan pada dermawan : “Hari ini saya bertemu dengan musuh jahat besar,