Minggu, 31 Januari 2016

143



persembahan”.

Setelah mendengarnya, Dermawan berpikir dalam hati : Kabarnya Shan-you dan Dadi adalah Bhikkhu papamitra (sahabat jahat), bila kedua Bhikkhu ini besok datang ke rumahku, saya hanya meladeni mereka seadanya saja, tidak perlu menghidangkan sajian istimewa.

Hari kedua, dermawan menghidangkan menu makanan kategori kedua buat kedua Bhikkhu tersebut, oleh karena dermawan mempunyai urusan, dan juga tidak ada menu istimewa yang lezat. Hari ketiga menghidangkan sajian biasa.

Oleh karena dituntun kekuatan karma, Shan-you dan Dadi dua Bhikkhu ini, meskipun menjadi tamu tetapi hingga hari ketiga juga tidak memperoleh hidangan istimewa. Pada saat itu dua Bhikkhu ini berdiskusi : “Mengapa Shi Li-zi selama tiga hari ini sengaja memberikan pada kita makanan dan minuman seadanya, sehingga kita jadi tak gembira? Saya ingin mengacaukan dirinya”.

Mereka memiliki seorang adik perempuan yang telah menjadi Bhikkhuni yang bernama Bhikkhuni You-ni, tinggal di Vihara Wang Yuan. Pada suatu hari, Bhikkhuni You-ni berkunjung ke kediaman abangnya yakni Bhikkhu Shan-you dan Dadi. Melihat kedatangan adik perempuannya, dua Bhikkhu tersebut malah berlagak