Rabu, 03 Februari 2016

162



Suatu hari Yaksa berkata dalam hati : “Bhikkhu ini sungguh membuatku terganggu, hari ini saya akan melakukan hal yang tidak sejahtera, supaya selanjutnya dia takkan melewati tempat ini lagi”.

Yaksa yang menggunakan kesempatan saat Bhikkhu Xi Shang melewati hutan tersebut menuju ke kota untuk berpindapatra, dengan kemampuan gaib memindahkan tangan orang mati ke patra Bhikkhu, pada saat itu penduduk kota sedang bergunjing, mengatakan bahwa Bhikkhu ini setiap hari makan daging manusia.

Bhikkhu Xi Shang yang tidak sudi membiarkan Yaksa yang dungu, oleh karena perbuatannya ini sehingga memperoleh buah akibat penderitaan, maka hadir di hadapannya, lalu terbang ke angkasa, menampilkan beragam kemampuan gaib, sehingga Yaksa membangkitkan keyakinan hati.

Yaksa setelah menyaksikan kemampuan gaib Bhikkhu tersebut, segera melakukan namaskara, memohon pertobatan : “Semoga anda bersedia turun kembali, akibat perbuatanku ini pasti akan jatuh ke Neraka, mohon Anda bermaitri karuna menyelamatkan diriku”.

Oleh karena permohonan yang tulus dari Yaksa, Bhikkhu Xi Shang barulah turun dari angkasa, Yaksa segera memindahkan kembali tangan orang mati dari patra, kemudian Yaksa menuju ke kota dan memberitahu penduduk kota bahwa Bhikkhu Xi Shang sama