Senin, 18 Januari 2016

016


Para Dermawan memberitahukan Brahmana : “Hari ini apabila Buddha dan para siswaNya datang ke rumahmu menerima persembahan, tetapi anda malah tidak memberikan persembahan bahkan menciptakan karma buruk berbohong, maka Raja Prasenajit pasti akan menjatuhkan hukuman padamu”.

Brahmana jadi ketakutan, mungkin juga ini merupakan jalinan jodoh untuk membangkitkan akar kebajikannya yang sudah masak, dia segera mempersiapkan hidangan makanan dan minuman, sebagai persembahan dana makanan untuk Buddha Sakyamuni dan siswa-siswaNya, hal ini sungguh di luar dugaan.

Pada hari itu, Buddha Sakyamuni dan para siswaNya menuju ke rumah Brahmana untuk menerima persembahan. Brahmana ini oleh karena jodohnya telah masak, dengan sendirinya menyajikan hidangan istimewa. Setelah selesai menerima persembahan, Buddha Sakyamuni dan siswa-siswaNya pulang kembali ke Taman Jetavana, hanya menyisakan You Tuo-yi seorang diri di rumah Brahmana, untuk memberi ceramah Dharma kepada Brahmana dan istrinya.

Setelah selesai mendengar Buddha Dharma, Brahmana dan istrinya mencapai tingkatan kesucian pertama, Sotapanna. Kemudian Brahmana dan istrinya membangkitkan ketulusan ber-Trisarana pada Triratna, yakni Buddha, Dharma dan Sangha, serta mengamalkan Lima Sila.