Minggu, 24 Januari 2016

061


Buddha Sakyamuni melanjutkan membabarkan : “Kalian seharusnya mengetahui : Apa yang menjadi penyebabnya sehingga Bhikkhu You Tuo-yi menjadi Bhikkhu yang terunggul dalam mengajari dan menyelamatkan orang lain? Ini dikarenakan pada masa kelahiran lampaunya yakni ketika Buddha Kassapa membabarkan Dharma di dunia, dia meninggalkan keduniawian dan menjadi guru Dharma, pintar berceramah, mengajari para makhluk hingga jumlah yang tak terhingga.

Oleh karena pada masa kehidupan lampaunya, dia meninggalkan keduniawian dan menjadi guru Dharma, menyelamatkan para makhluk yang tak terhitung jumlahnya, oleh karena jasa kebajikan ini, sehingga pada masa kelahiran sekarang di dalam organisasi Sangha ini, menjadi Bhikkhu yang terunggul dalam bidang pengajaran.

Maka itu para Bhikkhu (termasuk juga umat berkeluarga), seharusnya merenungkan buah akibat dari karma baik dan karma buruk, bagaikan bayangan yang mengikuti diri, selamanya takkan hilang.

Dari berbagai jasa kebajikan dari karma baik, kalian harus tekun menimbunnya; sedangkan karma buruk baik yang dilakukan melalui tindakan, ucapan dan pikiran, haruslah dijauhi, kalian harus melatihnya sedemikian rupa”.