Senin, 18 Januari 2016

023


membunuhnya, sekali lagi dia memohon agar Yang Ariya bersedia membuka pintu.

You Tuo-yi mengetahui bahwa jodoh Dharma Brahmana ini sudah masak, lalu membuka pintu dan memberi ceramah Dharma kepadanya, setelah mendengar Buddha Dharma, Brahmana mencapai tingkat kesucian Sotapanna, membangkitkan ketulusan ber-Trisarana pada Triratna dan mengamalkan Lima Sila.

You Tuo-yi memberitahu Brahmana : “Saya tidak memiliki niat sama sekali untuk memaki istrimu, tetapi saya hanya menyampaikan padanya empat baris gatha, supaya dia dapat mengingat kembali masa kehidupan lampaunya, di luar dugaan ternyata dia begitu dungu tidak dapat memahami makna gatha tersebut, malah timbul kebencian. Pada masa kehidupan lampaunya, dia pernah memiliki sebuah jalinan jodoh sebagai berikut, dengarkanlah dengan seksama :

Pada masa kehidupan lampau, ada seorang gadis miskin yang melihat putri-putri hartawan, tidak hanya memiliki harta berlimpah, bahkan juga berparas jelita, bahkan di tubuh mereka dipenuhi perhiasan permata, setiap hari ada dayang-dayang yang meladeni keperluan mereka, dihormati oleh orang banyak.

Gadis miskin ini amat mengkagumi putri-putri hartawan tersebut, tidak mampu menahan kesedihannya sehingga menangis tersedu-sedu. Sambil menangis