Jumat, 29 Januari 2016

117


sekarang malah masih mencelakai para makhluk, melakukan banyak karma buruk, saat ajal menjelang, akan jatuh ke alam mana lagi, apakah anda mengetahuinya?”

Yang Ariya tidak menanti jawaban dari naga dan melanjutkan perkataannya : “Menurut karma buruk yang anda perbuat, dapat dipastikan : “Pasti jatuh ke Neraka!” Ini tidak perlu diragukan lagi”.

Saat itu Naga Beracun berkata pada Yang Ariya : “Insan yang penuh kebajikan! Apa yang harus kulakukan sekarang? Mohon berikan petunjuk padaku!”

Yang Ariya menjawab : “Anda seharusnya ber-Trisarana pada Triratna yakni Buddha, Dharma dan Sangha, serta mengamalkan Lima Sila, bertekad untuk takkan melanggarnya”.

Naga beracun menaati ajaran Yang Ariya, mengambil Visudhi Trisarana dan Lima Sila, sejak itu bertekad takkan melakukan pembunuhan, tidak mencuri, tidak berzinah, tidak berbohong, tidak minum minuman keras. Usai itu, Naga beracun sirna dan tidak kelihatan lagi.

Bhikkhu Shan Lai setelah menaklukkan naga beracun, kemudian menuju ke hadapan Buddha Sakyamuni, berkata : “Bhagava! Naga Beracun Anpo telah saya taklukkan, juga memberi Visudhi Trisarana dan