Rabu, 03 Februari 2016

167



Lalu raja mengutus orang miskin ini pergi mencari susu singa. Orang miskin ini memiliki sedikit kepintaran. Terlebih dulu dia mencari sarang singa betina, lalu membawa guci minuman anggur dan kambing ke gunung, ketika singa betina sedang keluar dan tidak berada di sarangnya, orang miskin ini membunuh kambing dan kemudian menyiram minuman anggur ke mayat kambing tersebut, lalu diletakkan ke dalam sarang singa betina.

Ketika singa betina pulang ke sarangnya, melihat ada kambing yang tergeletak, dia segera menyantapnya, namun daging kambing yang disiram anggur tersebut membuatnya mabuk dan jatuh tergeletak di atas tanah, tak sadarkan diri.

Orang miskin segera menuju ke hadapan singa betina, mengisi susu singa ke dalam botol, dengan gembira membawanya kembali ke kota. Di tengah perjalanan, dia bermalam di sebuah dusun, ada seorang Bhikkhu yang telah mencapai Arahat, juga menginap dan bermalam di tempat yang sama. Orang miskin yang oleh karena kelelahan dalam usahanya memperoleh susu singa, jadi tidur lelap.